Minggu, 06 Januari 2008

SSH Server ubuntu

SSH(Secure shell) Server merupakan layanan remote console pada mesin linux, sehingga memungkinkan kita untuk bekerja secara virtual dan sangat menguntungkan sekali bagi seorang administrator untuk memanage mesin server dari tempat yang lain. Aplikasi SSH sangat mirip dengan telnet perbedaannya adalah ssh menggunakan teknik enkripsi 128 bits.

Kenapa mencoba distro ubuntu-server, karena distro ini menurut saya sangat ringan dan mudah instalasinya (bagi yg udah pernah install OS linux), setelah instalasi finish tidak seperti umumnya distro yang lain yang umumnya paket ssh-server sudah ada, maka seorang admin harus menginstall ssh-servernya. yang perlu disiapkan adalah cd instalasi ubuntu-server yang saya coba sekarang adalah versi Ubuntu-Server 7.10 "Gutsy Gibbon" dan commandnya sbb:

root@storage:~# apt-get install openssh-server openssh-client

secara default installan ssh-server bekerja pada port 22 dan dapat langsung digunakan, untuk mengujinya gunakan command

root@storage:~# ssh localhost
The authenticity of host 'localhost (127.0.0.1)' can't be established. RSA key fingerprint is e3:ab:53:3e:8a:4b:cc:80:1c:90:b1:e3:76:86:a1:04. Are you sure you want to continue connecting (yes/no)?

RSA adalah sebuah security yang digunakan untuk mengenkripsi percakapan antara client-server yang sedang diremote sehingga apabila ada seorang penyadap ingin melihat perintah-perintah yang dijalankan akan sangat sulit membaca isi dari enkripsi tersebut.

Sedangkan untuk mencoba remote dari mesin linux ke mesin linux yang sudah terinstall ssh-server adalah

root@storage:~# ssh sekolah@smkn1kdr.intranet

Untuk meremote mesin linux-server dari client windows memerlukan sebuah aplikasi yang umumnya dipakai adalah putty
Address yang dituju dapat berupa nama domain atau IP yang di pakai pada mesin ssh-server.


login sesuai nama user / password

untuk menghentikan/memulai lagi service ssh-server ketikan command
root@storage: etc/init.d/ssh stop
root@storage: etc/init.d/ssh start

0 komentar: